pemanas air

Lebih Mewah, Ariston Jadi Andalan Pemanas Air Kost Premium

Sedikit cerita dari saya sebagai pemilik bisnis kost kostan atau indekos. Banyak yang bilang kalau bisnis ini uangnya banyak dan mudah, padahal pasarnya sangat amat bersaing. Akhirnya saya memutuskan untuk upgrade fitur di kost agar menarik peminat. Dan salah satunya adalah menyediakan pemanas air terbaik biar bisa mandi air hangat setiap hari. 

Jenis pemanas Air Premium Yang Saya Pilih 

Sebenarnya ide untuk menambah air hangat ini berawal dari gambling alias coba coba. Pertamanya saya pilih produk dengan kapasitas sedang sekitar 15 liter saja sebagai pertimbangan ekonomi, efisiensi, dan nilai. Saat itu saya pakai produk dari Ariston dengan tenaga listrik. Untuk ukuran 3-4 penghuni sepertinya cukup, dan tarikan listrik tidak terlalu banyak. 

Saat itu, saya mempertimbangkan untuk menambah kapasitas water heater dan beralih ke produk dengan daya tenaga surya. Harganya memang lebih tinggi, namun soal daya tampung air, efisiensi tenaga, dan penggunaan pun meningkat tajam. Otomatis saya pasang ini saat rumah kost semakin penuh yakni sekitar 20+ penghuni. Dan hasilnya tidak mengecewakan. 

Keuntungan Yang Saya Dapat  

  1. Jadi Strategi Pintar Untuk Menarik Minat 

Ide utamanya memang untuk menarik minat. Apalagi sekarang sudah banyak sekali kost yang berani jual fasilitas dan ruang yang besar. Agar tidak kalah, saya coba opsi ini dengan kapasitas kecil dulu. Setidaknya saya buka untuk sekitar 4-5 penghuni dengan tawaran premium air hangat untuk mandi yang masih jarang. 

Ternyata berhasil dan sukses menarik pelanggan. Penghuni pun tidak segan bayar lebih untuk dapat fitur mandi air hangat. Hitung hitung karena cuaca sedang dingin dan kota saya cenderung punya hawa yang lebih sejuk. Begitu minat semakin bertambah, saya putuskan untuk upgrade water heater dengan kapasitas lebih besar dan pakai tenaga surya. 

  1. Menaikkan Nilai Kost 

Secara tidak langsung, nilai kost yang saya kelola meningkat dari biasa jadi premium. Meski fasilitas lainnya tidak seberapa, tapi air hangat ini kasih impact yang besar untuk rating. Bahkan, saya berani bilang kalau tidak semua kost premium di luar sana berani kasih fasilitas air hangat. Karena daya yang lebih hemat pula, saya berani kasih harga yang lebih ramah kantong. 

  1. Pengeluaran Untuk Perawatan Dan Operasi Lebih Menguntungkan

Dua hal yang buat saya betah dengan Ariston adalah efisiensi dan perawatan. Sejak pakai tipe listrik, saya sudah jatuh cinta karena lebih praktis. Daya listriknya pun tidak terlalu tinggi. Tapi karena kapasitas lebih kecil akhirnya saya pindah ke hunian pribadi. Sedangkan rumah kost saya instal jenis panel surya dan kapasitas air yang lebih besar. 

Karena bukan listrik dan LPG, biaya tagihan untuk pemakaian pun lebih hemat. Akhirnya, beban listrik pun tidak membuat saya bingung. Soal kapasitas, saya pilih jenis Kairos extra yang kapasitasnya sampai 400 L. Harganya masih di atas Rp 15 juta. Tapi, dengan teknologi terbaiknya saya rasa produk ini adalah investasi yang sepadan. 

Belum lagi jika mengingat saya bisa menggunakannya seperti tandon. Produknya pun masih bisa bekerja meski sedang terjadi pemadaman listrik atau air. Karena bahan dan teknologinya sudah profesional, water heater jumbo ini pun tidak mudah rusak. Alhasil bisa membuat saya lebih hemat biaya.  

Kalau dibilang ide ini cemerlang, saya setuju. Pengalaman menggunakan pemanas air Ariston selama ini tidak mengecewakan. Jenis tenaga suryanya kasih daya tampung lebih besar dan energi yang lebih hemat. Alhasil, saya bisa dapat banyak cuan karena untung kost kostan lebih besar. Selain itu, kost saya juga lebih menarik karena punya fitur premium ini.